SASARAN |
TARGET |
STRATEGI |
Indikator |
Pencapaian |
Target |
|||
15/16 |
16/17 |
17/18 |
18/19 |
19/20 |
||||
Jumlah peminat pendidikan |
Jumlah peminat: diharapkan minimal sesuai daya tampung (2 PPDS /semester) |
Bekerjasama dengan pihak dekanat dan rektorat dalam membuat kebijakan sosialisasi dan daya tampung program studi |
Jumlah PPDS yang diterima (2 PPDS/ Semester) |
25% |
0% |
100% |
100% |
100% |
Memberi wawasan pada dokter umum tentang perkembangan Ilmu Bedah Saraf. |
Terlaksananya promosi Prodi dengan leaflet, mengaktifkan website Prodi Ilmu Bedah Saraf Fakultas Kedokteran USU |
100 % |
100% |
100% |
100% |
100% |
||
Kualitas penerimaan peserta didik |
Setiap tahun menerima peserta didik - IPK minimal 2,75; - TOEFL minimal 450 - Memiliki minat dan kemampuan dalam bidang bedah saraf |
Melakukan seleksi penerimaan peserta didik sesuai dengan standar penerimaan Mahasiswa Program Pendidikan Magister/Dokter Spesialis di lingkungan USU |
Dilakukan psikotes dan Tes Potensi Akademik (TPA) dan TOEFL |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Dilakukan Tes MMPI, Tes Akademik Tertulis serta wawancara oleh Tim dari Prodi Ilmu Bedah Saraf |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|||
Ketepatan waktu menyelesaikan pendidikan |
Ketepatan waktu menyelesaikan pendidikan dalam rentang waktu yang ditentukan: 100% tepat waktu (N + 1/2N, dengan N = 11 semester) |
Pengembangan kurikulum yang mengacu pada kolegium (i) Evaluasi kurikulum berkala; (ii) Rasionalisasi beban kuliah; dan (iii) Pengembangan metode belajar |
Perkuliahan yang terjadwal dan masa tugas rotasi divisi yang teratur dan tepat waktu |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Menerapkan bimbingan dengan dosen pembimbing akademik secara berkala |
Adanya bimbingan dengan dosen pembimbing akademik tiap bulan |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
||
Memberlakukan aturan dan punishment. |
Pemberian Surat Peringatan bagi PPDS yang tidak tepat waktu |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
||
Kualitas lulusan berdasarkan IPK |
IPK: minimal 3,00 |
Konsistensi pengembangan dan peningkatan kualitas program studi |
· Memberlakukan standar penilaian kelulusan dari setiap jenjang ≥ 70 · Dilakukan pembimbingan dan ujian ulang bagi PPDS yang belum mencapai nilai 70 |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Kualitas dan kuantitas penelitian dosen |
Setiap tahun minimal dihasilkan : · 2 publikasi yang dipresentasikan di tingkat nasional / internasional |
Mendorong upaya peningkatan kebijakan universitas dalam bidang penelitian |
Adanya dukungan dana penelitian dan akomodasi untuk publikasi dari Universitas |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Membuat rencana penelitian yang terstruktur, terukur dan terevaluasi bagi setiap dosen (Pohon penelitian) |
2 publikasi yang dipresentasikan di tingkat nasional/internasional |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
||
Kualitas dan kuantitas penelitian peserta didik |
Setiap peserta didik minimal menghasilkan 1 penelitian (kuantitatif / kualitatif) yang dipresentasikan di tingkat nasional/regional/internasional selama masa pendidikannya |
Membuat peraturan terkait kewajiban pembuatan penelitian dan menetapkan sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian akhir |
Adanya peraturan yang mewajibkan setiap PPDS melakukan minimal 1 penelitian yang dipresentasikan selama masa pendidikan |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Dosen mendorong dan membimbing penelitian PPDS yang akan dipresentasikan |
||||||||
Kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat dosen |
Setiap tahun minimal melakukan 3 kegiatan pengabdian masyarakat bertaraf lokal/ nasional/regional |
Membuat rencana pengabdian masyarakat Prodi Ilmu Bedah Saraf yang terstruktur, terukur dan terevaluasi bagi setiap dosen |
Melakukan penyuluhan kesehatan Di tingkat rumah sakit pendidikan |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Melakukan penyuluhan kesehatan di tingkat lokal/nasional |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|||
Kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat peserta didik |
Setiap tahun setiap PPDS mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh prodi Ilmu Bedah Saraf |
Membuat rencana pengabdian masyarakat Prodi Ilmu Bedah Saraf yang terstruktur, terukur dan terevaluasi. |
Setiap PPDS mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat 1 kali dalam setahun |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Kualitas dan kuantitas SDM |
Setiap 5 tahun, ada 1 orang dosen mengikuti pendidikan Doktor baik di dalam maupun di luar negeri |
Membuat rencana pendidikan/pelatihan yang terstruktur, terukur dan terevaluasi bagi setiap dosen sesuai dengan kompetensi dan peminatannya |
1 orang staf mengikuti pendidikan doktor / 5 tahun |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
· Setiap dosen minimal dalam 3 tahun harus berperan serta minimal 1 kali pendidikan/kursus/ workshop sesuai dengan kompetensi dan peminatannya · Setiap tahun, 20% dosen minimal mengikuti 1 kali seminar bertaraf internasional, 3 kali seminar bertaraf nasional, 5 kali seminar bertaraf lokal |
Membuat rencana kegiatan ilmiah / kepesertaan seminar yang terstruktur, terukur dan terevaluasi bagi setiap dosen |
· Setiap dosen minimal dalam 3 tahun harus berperan serta minimal 1 kali pendidikan/kursus/ workshop sesuai dengan kompetensi dan peminatannya · Setiap tahun, 20% dosen minimal mengikuti 1 kali seminar bertaraf internasional, 3 kali seminar bertaraf nasional, 5 kali seminar bertaraf lokal |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|
Pengajuan staf dosen dilakukan dengan mempertimbangkan rasio peserta didik dan dosen ; pengembangan divisi di IPDS BS FKUSU |
Pola rekruitmen, sistem pengembangan karier dan pemberhentian SDM yang didukung perencanaan SDM yang mantap |
Pencapaian rasio mahasiswa berbanding dosen dengan nilai kurang dari 3 |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|
Setiap tahun mengirim 1 tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan dalam peningkatan kemampuannya sesuai dengan lingkup kerjanya |
Membuat rencana pendidikan/pelatihan yang terstruktur, terukur dan terevaluasi bagi setiap tenaga kependidikan sesuai dengan kemampuan dan lingkup kerjanya |
Mengikutsetakan tenaga pendidik dalam seminar/pelatihan 1 tahun sekali |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|
Kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana |
· Tersedianya sarana dan prsarana pendidikan yang kondusif dan nyaman · Tersedianya ruang perkantoran yang representatif |
· Membuat rencana pengembangan sarana dan prasarana program studi · Menjalin kerjasama dengan institusi lain dalam meningkatkan sarana pendidikan |
Tersedia Perpustakaan dengan buku, ebook, dan bahan bacaan lainnya minimal 100 judul |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Tersedia ruang kuliah, ruang rapat, ruang kantor dan skills lab |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|||
Jumlah kerjasama dalam mendukung sarana |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|||
Kualitas dan kuantitas IT (Informasi dan Teknologi) |
· Tersedianya fasilitas IT yang mencukupi untuk civitas akademika Prodi Ilmu Bedah Saraf · Terselenggaranya sistem informasi akademik secara online · Tersedianya website Prodi Ilmu Bedah Saraf Fakultas Kedokteran USU |
· Membuat rencana pengembangan IT · Meningkatkan pengelolaan pengetahuan dan informasi ilmiah sebagai aset kompetitif |
Tersedianya jaringan internet Wifi |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Tersedianya website yang mendukung pendidikan, penelitian dan organisasi prodi |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|||
Tersedia sistem informasi akademik yang dapat diakses online |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|||
Struktur Organisasi |
Terselenggaranya struktur organisasi Prodi. |
· Menata program studi dan area kepakaran · Melengkapi unit kerja dalam rangka pengembangan Prodi |
Ada Struktur Organisasi Prodi Ilmu Bedah Saraf |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Manajemen keuangan |
Terselenggaranya sistem keuangan yang transparan dan akuntabel. |
Menyelenggarakan pola manajemen finansial yang efisien, efektif, dan akuntabel |
Memilki Rancangan Keuangan dan Anggaran Tahunan (RKAT) |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Pengembangan Kerjasama |
Terjalinnya kerjasama dengan institusi dan Rumah Sakit pendidikan di tingkat nasional dan internasional |
Membuat rencana kerjasama institusional untuk pengembangan pendidikan dan penelitian |
Terwujud kerjasama dengan institusi pendiikan/RS jejaring di tingkat lokal, nasional, dan internasional |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |